Home » » Tips dan trik mengatasi masalah pada HP China

Tips dan trik mengatasi masalah pada HP China

Tips dan trik mengatasi masalah pada HP China. Awalnya sempat dipandang sebelah mata karena masih diragukan kualitasnya namun, seiring dengan berjalannya waktu ponsel lokal mulai diterima di masyarakat. Dengan model yang beragam, fitur yang lumayan serta harga yang lebih murah dari ponsel ternama membuat ponsel lokal mulai menguasai pasar ponsel di Indonesia.Semakin banyak pemakai ponsel lokal di kalangan masyarakat, semakin beragam masalah mulai timbul. Nah, di kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang tip n trik mengatasi masalah yang sering muncul pada HP cina/lokal berikut ini adalah beberapa masalah yang paling sering menimpa ponsel lokal beserta solusinya:

Memori Full
Ada kalanya sa'at mengakses internet, muncul pesan "memory full" dan akses menjadi gagal. Beberapa ponsel lokal memang memiliki kapasitas memori terbatas, sehingga kadang sa'at mengakses halaman yang kompleks sering muncul pesan Error tersebut. Solusinya, pindahkan file-file seperti dokumen, foto, video lagu dan lain-lain yang ada di memori internal ke memori eksternal. Ini akan menambah ruang dalam memori internal ponsel lokal Sobat, khusus sa'at mengakses halaman Facebook, agar ringan Sobat bisa mencoba untuk mengakses versi zeronya dengan alamat http://0.facebook.com (gratis).

Tidak bisa memainkan musik dan video
Terkadang ponsel Sobat tidak bisa mencari dan memainkan file lagi yang ada di dalam kartu memori. Solusinya, cobalah untuk membuat folder baru dan beri nama "My Music" di kartu memori, lalu pindahkan file mp3 ke dalam folder tersebut. Matikan dan restart kembali ponsel Sobat. Sedangkan untuk file Video yang tak bisa diputar, kemungkinan ponsel Sobat  hanya mendukung format 3gp. Solusinya, video yang hendak Sobat masukkan ke ponsel harus dikonversi ke vormat 3gp. dan Jika format filenya sudah termasuk yang didukung ponsel lokal, namun tetap tidak bisa diputar, biasanya dikarenakan resolusi video terlalu besar/melebihi batas maksimum yang bisa ditampilkan oleh handphone. Solusinya, video harus diconvert ke ukuran yang sesuai dengan resolusi layar ponsel Sobat.

Tidak bisa kirim file pake Bluetooth
Ingin berbagi file lewat bluetooh, tapi gagal?,,,Hal tersebut dikarnakan oleh kesalahan setting penyimpanan file hasil kiriman. Terkadang penyimpanan file hasil kiriman bluetooth disetting ke memori internal. Cobalah untuk memindahkan setting memori eksternal supaya dapat melakukan transfer file via bluetooth.

Tidak bisa browsing via Opera Mini
Opara Mini memang browser mobile yang handal. Namun terkadang Sobat sulit mengakses web via browser tersebut. supaya lancar pastikan setting network Javanya sudah benar. Kemudian cek juga pengaturan tangal dan jam (local time). Jika waktu di ponsel tidak cocok dengan watktu global, maka Opera Mini tidak bisa digunakan untuk menjelajah halaman web.

Video 3gp tidak bisa diputar
Kebanyakan posnel lokal memakai format video 3gp. Namun, ada juga ada juga ponsel lokal yang memakai format lain semisal kmv. Jadi, solusinya pastikan format video yang hendak Sobat masukkan sesuai dengan format video yang didukung oleh ponsel (dalam hal ini coba baca kembali poin 2)

Tidak bisa memotret
Pernah menghalami gagal memotret dengan ponsel Cina dengan pesan error "camera module not ready" ? Jika pernah, maka solusinya adalah mengupdate software ponsel (dapat dilakukan di service resmi ponsel yang bersangkutan). Solusi kedua adalah dengan mengganti modul kamera baru.

Gagal menjalankan aplikasi pada ponsel QWERT lokal
Terkadang aplikasi berbasis Java tidak bisa berjalan baik pada ponsel lokal berinput qwerty atau touchscreen, padahal proses instalasi sudah berhasil.Hal ini disebabkan oleh apliaksi Java itu sendiri, karena tidak semua aplikasi sesuai dengan resolusi layar ponsel. Solusinya, sebelum mendownload atau menginstall aplikasi baru hendaknya perhatikan resolusinya, pastikan resolusinya sama dengan resolusi ponsel itu sendiri. untuk mengecek resolusi ponsel biasanya ada di box/kotak penjualannya atau Sobat bisa browsing internet.

Tidak bisa set gambar menjadi wallpaper
Sa'at mengatur gambar untuk dijadikan wallpaper, muncul notifikasi "memori penuh". Hal ini disebabkan, ukuran file/resolusinya terlalu besar. Solusinya, perkecil ukuran dan sesuaikan resolusi file yang akan dijadikan wallpaper dengan resolusi layar ponsel tersebut.

Kontak pengisian jelek/bad contack charger
Hal ini disebabkan oleh tegangan output charger melebihi kapasitas yang seharusnya bisa diterima oleh ponsel. Slusinya pastikan tegangan output charger sesuai yakni biasanya antara 3.7v - 4.2v. Namun bila tegangan output charger sudah sesuai tapi masih tetap saja timbul masalah pada charger kemungkinan besar ada masalah pada rangkaian elektrik di ponsel. Jika demikian, sebaiknya dibawa ke service centernya saja.

Baterai tidak bisa dicharge/tidak mengisi
Jika sudah dipastikan tidak ada masalah dengan chargernya, maka periksa kondisi baterai kembung atau tidak. Jika iya, maka sebaiknya ganti dengan yang baru. Bila kondisi fisik masih bagus, periksa tegangan output apakah sesuai standarnya yakni antara 3.7 - 3.9v, jika tegangan kurang dari 3.7v maka Sobat dapat menchargernya menggunakan dekstop charger atau power supply untuk beberapa saat setelah itu ukur kembali apakah sudah mencapai 3.7v atau belum.Jika sudah maka Sobat dapat memasangnya pada handphone dan menchargernya dengan charger bawa'an. Bila tegangan lebih dari standarnya, hal ini berarti baterai tersebut sudah rusak. Perhatikan, bila Sobat tetap memasangnya pada ponsel, dapat menyebabkan kerusakan lain, maka dari itu sebaiknya segera ganti dengan baterai yang baru untuk menghindari hal tersebut.

          Bila artikel ini berguna pada sobat jangan lupa jempolnya ya,,,,,,
Judul: Tips dan trik mengatasi masalah pada HP China
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Writen ByBaetus Salam

Thaks For Visiting My Blogs
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 
Support : baetus | pasukankaskus
Copyright © 2013. info tips dan trik blackberry - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger